October 25th, 2012 2:11 pm

Setelah hampir setahun vakum dikarenakan kesibukan yang gak jelas, akhirnya hari ini saya coba tulis bagaimana cara belajar untuk pemula :D Semoga tulisan ini mudah dimengerti, karena saya juga masih pemula. Tidak banyak yang bisa saya bagikan, sebagian besar adalah pengalaman saya selama belajar memainkan alat musik ini. So, let’s check it out!!!

Well, bagi kita pemula (yang masih menggebu-gebu gak jelas pengen segera jago kayak tante Vanessa Mae atau oma Ida Mindelson atau tante Sarah Cheng atau opa Itzhak Perlman atau om David Garret, dsb.. you name it :D  ) banyak hal yang perlu kita persiapkan sebenarnya.  Tapi yang paling utama adalah:

1. KOMITMEN

Yups, ini pertama sekali yang perlu ditekankan. Aku pribadi gagal total kalo ditanya masalah komitmen. Maklum banyak kegiatan gak jelas *alasan.

Ada quote yang bagus dari kakak pengajar saya,

“Have you practice 15 minutes today?” 

Cuman 15 menit doang per hari yang diminta dari kita untuk latihan. Asal ada komitmen pastinya 15 menit gak seberapa (biasanya bablas sampe 1 jam :D ). Konon katanya jari-jari tangan kita juga perlu dibiasakan bermain-main di senar agar mereka bisa mengingat dimana posisinya (kinda weird, tapi masuk di akal koq :D ).

2. NAPAS

Pengalaman: Hari entah keberapa, di sesi latihan sama kakak pengajar,

Kakak Pengajar: “Eh… napasnya jangan ditahan!!!”

Aku: “He? Masa sih?”

Tuhkan, itu baru belajar gesek do re mi, sampe aku lupas nafas. Ternyata ada efeknya terhadap bunyi yang kita hasilkan ketika kita menggesek senar biola. Jadi, hal ini wajar dan sering terjadi bagi banyak pemula, gak tau karena terlalu serius atau takut senarnya putus mental ke mata jadinya kaku trus lupa napas. Either one, kita harus tetap bernapas dengan normal supaya tangan kanan kita lebih enak mengayun bow nya :D  (gak yakin? coba cek sekali-sekali pas lagi latihan :P )

3. BELAJAR BACA NOT BALOK

Ini sangat penting. Belajarlah… bukan hanya baca do re mi, tapi juga harus bisa baca A B C. Banyak pemula selalu bertanya-tanya,

kenapa harus belajar not balok? bikin ribet tau….

Ujung-ujungnya, MALASSS.. kayak aku dah pokoknya :D Well, sebenarnya ini mandatory kalo kita ingin lebih advance lagi bermain biola. Serius, ini adalah dasar yang harus dikuasi jika ingin benar-benar menguasi alat musik. Gak hanya di biola loh, semua alat musik juga punya not balok sebenarnya, cuman gak semua mau mempelajarinya.

Trus kalo gak mau belajar not balok, gimana ceritanya bisa baca partitur dengan taoge-taoge yang begitu ribet bertengger disana? Emang bisa langsung jadi do re mi? Kan gak, harus tau dulu kalo di garis sekian itu nadanya apa? Trus ini nada dasarnya apa? Harus tau dulu…

Kalo kita hanya tau do re mi, kemungkinan kita salah nada dasar itu 100% :D

Coba bayangkan, ketika kita lagi mengiringi penyanyi, dia narik nadanya dari D = do, trus karena kita udah merasa jago pake feeling, kita iringi si penyanyi, dan ternyata kita nariknya di C = do. Kan gak lucu, si penyanyi harus sampe goyang-goyangin lehernya biar turun 1 nada atau malah dia maksain di D = do, dan kita di C = do. Siap-siap di lempar hadirin yang terhormat. :P

Nah, tiga hal diatas adalah mandatory alias wajib untuk kita kuasai sebelum kita mulai belajar menggesek biola. Jika sudah bisa baca not balok, langkah selanjutnya pasti sudah gampang. Tinggal mengatur posisi jari-jari disenarnya dan silahkan menggesek.

Next part, adalah belajar menggesek. Tapi ingat tetap harus belajar baca not balok dulu di awal, biar jangan ribet di langkah berikutnya.

Well, keep bowing then ;)

Tags: , , , , , ,

5 Responses to “Pemula: Belajar Biola [Bagian 1]”

  1. briza Says:

    Paling cape juga belajar not balok,tapi itu Dasar yang harus dimiliki.
    Thank u atas infonya:-)

    Hi Briza,

    Yup tetap sekali, saran saya coba belajar pake buku A Tune A Day :) Might help you

  2. Cantika JN Says:

    Makasih ya infonya. Jujur, saya agak males baca not baloknya, malah baca angkanya. yah jadi buta not balok deh hehe

    Hi Cantika

    Hehehe.. kalo mau lebih maju lagi, ada baiknya belajar not balok, seriously… you will be grateful if you know how to read it, coba buku A Tune A Day. Good luck!

  3. Raihan Says:

    Aku tidak tahu cara menyetem biolanya :’( takut putus senarnya

    Hi Raihan,

    :D Para pemula pastinya takut, tapi coba pelan-pelan aja (kayak lagu). Kalau putus gak bakal sampe gimana-gimana koq, tinggal beli baru heheheh… Dicoba ngikutin tutorial di youtube aja, pastinya ada yg ngasih cara amannya.

    Good luck

  4. Rora Says:

    buku A Tune A Day itu tentang apa ya?

    Hi Rora,

    Itu buku daily practice, ada level dari basic sampai advance. Coba googling, pasti banyak informasinya. Lumayan banyak yang rekomendasikan kalau mau belajar biola.

    Good luck

  5. Mora Says:

    Mas admin, nyari A Tune A Day itu dimana ya?
    Email dong softcopynya

    salam
    Mora

    Hi RICH

    Udah dikasih kan Mas, pake OCD lagi, eh COD dan tidak dipungut biaya :P
    Tahun depan harus bisa nampil ya mas, kasihan biolanya mojok mulu :) )

    Good luck

Leave a Reply