Archive for the ‘What I’ve learned?’ Category

Pemula: Belajar Biola [Bagian 1]

Thursday, October 25th, 2012

Setelah hampir setahun vakum dikarenakan kesibukan yang gak jelas, akhirnya hari ini saya coba tulis bagaimana cara belajar untuk pemula :D Semoga tulisan ini mudah dimengerti, karena saya juga masih pemula. Tidak banyak yang bisa saya bagikan, sebagian besar adalah pengalaman saya selama belajar memainkan alat musik ini. So, let’s check it out!!!

Well, bagi kita pemula (yang masih menggebu-gebu gak jelas pengen segera jago kayak tante Vanessa Mae atau oma Ida Mindelson atau tante Sarah Cheng atau opa Itzhak Perlman atau om David Garret, dsb.. you name it :D  ) banyak hal yang perlu kita persiapkan sebenarnya.  Tapi yang paling utama adalah:

1. KOMITMEN

Yups, ini pertama sekali yang perlu ditekankan. Aku pribadi gagal total kalo ditanya masalah komitmen. Maklum banyak kegiatan gak jelas *alasan.

Ada quote yang bagus dari kakak pengajar saya,

“Have you practice 15 minutes today?” 

Cuman 15 menit doang per hari yang diminta dari kita untuk latihan. Asal ada komitmen pastinya 15 menit gak seberapa (biasanya bablas sampe 1 jam :D ). Konon katanya jari-jari tangan kita juga perlu dibiasakan bermain-main di senar agar mereka bisa mengingat dimana posisinya (kinda weird, tapi masuk di akal koq :D ).

2. NAPAS

Pengalaman: Hari entah keberapa, di sesi latihan sama kakak pengajar,

Kakak Pengajar: “Eh… napasnya jangan ditahan!!!”

Aku: “He? Masa sih?”

Tuhkan, itu baru belajar gesek do re mi, sampe aku lupas nafas. Ternyata ada efeknya terhadap bunyi yang kita hasilkan ketika kita menggesek senar biola. Jadi, hal ini wajar dan sering terjadi bagi banyak pemula, gak tau karena terlalu serius atau takut senarnya putus mental ke mata jadinya kaku trus lupa napas. Either one, kita harus tetap bernapas dengan normal supaya tangan kanan kita lebih enak mengayun bow nya :D  (gak yakin? coba cek sekali-sekali pas lagi latihan :P ) (more…)